Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan penddikan karakter disiplin
siswa Madrasah Ibtidaiyah NW Dasan Baru Koreko kelas II dalam mata pelajaran Penddikan
Kewarganegaraan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif deskriftif, sedangkan
tehknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, dokumentasi dan wawancara.
Jenis wawancara yang digunakan yaitu wawancara semi tertruktur. Wawancara dilakukan
secara langsung dilapangan dengan informan untuk mendapatkan data yang di butuhkan.
Jumlah siswa kelas II sebanyak 16 siswa terdiri dari 8 laki-klaki dan 8 perempuan. Analisis
data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis data model alir Miles dan Huberman
yaitu Pengumpulan Data, Reduksi data, Penyajian Data, dan Penarikan Kesimpulan atau
Verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam melaksanakan pendidikan karakter
disiplin di dilakukan melalui pendekatan, pembiasaan, pengontrolan, dan menggunakan
media kartu tanggung jawab pribadi. Dari 16 siswa terdapat 4 siswa yang termasuk dalam
kategori cukup disiplin (25 %), kurang disiplin (6,25%), kemudian 11 siswa termasuk dalam
kategori disiplin (68,75%), berdasarkan data tersebut tampak bahwa dalam penelitian ini nilai
karakter disiplin siswa bisa tertananam dengan baik.
Kata Kunci: Pendidikan Karakter Disiplin, Sekolah Dasar