Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kemampuan berpikir
siswa pada pelajaran Bahasa Indonesia kelas V Sekoah Dasar. Penelitian ini
merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian
adalah siswa kelas V Sekolah Dasar yaitu SDN 2 Kalijaga dengan jumah siswa 22
siswa. Data yang diperoleh dalam penelitian ini adalah data kualitatif. Instrument
pengumpulan data dengan memberikan tes berupa soal uraian. Teknik analisis
data yang digunakan adalah dengan menggunakan analis deskriptif. Hasil
penelitian menunjukkan kemampuan berpikir siswa SDN 2 Kalijaga ditunjukkan
dengan nilai rata-rata sebesar 77,4 secara keseluruha dari skor. Tingkat
kemampuan berpikir kritis siswa dikategorikan rendah sebanyak 36,29%, 40,84%
kategori sedang dan 22,69 kategori tinggi.
Kata Kunci: Kemampuan Berpikir Kritis, penelitian deskriptif