Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode
pembelajaran Role Playing terhadap keterampilan berbicara bahasa Indonesia
dalam teks drama siswa kelas III SDN Perigi tahun pelajaran 2019/2020. Jenis
penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Popoluasi dalam penelitiam ini adalah
seluruh siswa kelas III SDN Perigi tahun pelajaran 2019/2020. Sampel penelitian
ditentukan dengan teknik Simple Random Sampling, sehingga didapatkan kelas III
A sebagai kelas eksperimen dan kelas III B sebagai kelas kontrol. Rancangan
penelitian yang digunakan adalah posttest-only control design. Teknik
pengumpulan data menggunakan test keterampilan berbicara untuk mengetahui
keterampilan berbicara bahasa Indonesia siswa menggunakan metode
pembelajaran Role Playing. Sebelum data dianalisis, instrumen diuji validitas dan
reliabilitasnya. Kemudian setelah data terkumpul, dilakukan analisis hasil posttest
kelas eksperimen dan kelas kontrol. Jenis data yang didapatkan yaitu tes hasil
keterampilan berbicara bahasa Indonesia siswa kelas III SDN Perigi. Berdasarkan
hasil analisis data diperoleh nilai rata-rata posttest kelas eksperimen yakni 80 dan
kelas kontrol yakni 72. Untuk uji prasyarat data dilakukan dengan uji normalitas
data dan uji homogenitas. Untuk uji normalitas data menggunakan Chi Kuadrat.
Kemudian untuk uji hipotesis menggunakan analisis uji-t pada taraf signifikan 5%
menunjukkan bahwa thitung > ttabel yaitu 2,18 > 2,04 yang berarti Ho ditolak dan Ha
diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada Pengaruh Metode Pembelajaran
Role Playing Terhadap Keterampilan Berbicara Bahasa Indonesia Dalam Teks
Drama Siswa Kelas III SDN Perigi Tahun Pelajaran 2019/2020.
Kata kunci: Metode pembelajaran Role Playing, keterampilan berbicara bahasa
Indonesia