Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh lingkungan sosial terhadap
bahasa sehari-hari anak sekolah dasar. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian
kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah anak sekolah dasar yang ada di dusun
lendang bunga utara dan siswa Sekolah Dasar di SD Islam NW Lendang Bunga. Teknik
pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa observasi, wawancara
dan dokumentasi. Adapun hasil penelitian yang didapatkan yaitu lingkungan sosial
memiliki pengaruh yang sangat besar terhadap bahasa sehari-hari yang digunakan anak
sekolah dasar. Lingkungan sosial anak terdiri dari lingkungan keluarga, lingkungan
sekolah dan lingkungan teman sebaya/bermain anak. Diantara ke tiga lingkungan sosial
anak tersebut lingkungan keluarga merupakan lingkungan terdekat anak. Di lingkungan
keluarga anak pertama kali di ajarkan berbahasa, setelah belajar bahasa dari lingkungan
keluarga anak kemudian mengembangkan bahasanya di lingkungan sosialnya. sehingga
baik tidaknya bahasa yang di gunakan anak untuk berkomunikasi bergantung pada
bahasa yang pertama kali anak dengar di lingkungan keluarga, sekolah dan teman
sebaya/bermainnya.
Kata Kunci: Lingkungan Sosial, Bahasa Sehari-hari Anak