DETAIL DOCUMENT
PENGARUH BACAAN SASTRA ANAK TERHADAP PERKEMBANGAN INTELEKTUAL BAHASA SISWA KELAS V SDN 1 SELONG TAHUN PELAJARAN 2019/2020
Total View This Week0
Institusion
Universitas Hamzanwadi
Author
SUGAWA, NITA
Subject
Media Pembelajaran 
Datestamp
2021-01-21 07:53:34 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahi pengaruh bacaan sastra anak terhadap perkembangan intelektual bahasa siswa kelas V. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain penelitian Postest Only Control Design. Tujuan penelitian ini adalah untuk menyelidiki ada tidaknya pengaruh tersebut dengan cara memberikan perlakuan tertentu pada kelas eksperimen dan menyediakan kelas kontrol. Instrumen pengumpul data yang dipergunakan pada penelitian ini yaitu observasi, tes, dan angket. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, (1) Hasil observasi menunjukan persentase kriteria sangat tinggi yaitu 100% pada kelas ekperimen dan 53% kelas kontrol kriteria sedang. (2) Hasil tes analisis uji-t varians diperoleh thitung (0,308) > ttabel (2,000), sedangkan pada angket diperoleh thitung (0,047) > ttabel (2,000) Yang berarti terdapat perbedaan hasil pemahaman dan ketertarika siswa dalam belajar antara kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol sesuai dengan hipotesis yang diajukan dalam penelitian. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan pada penggunaan bacaan sastra anak terhadap perkembangan intelektual bahasa siswa kelas V SDN 1 Selong. Kata kunci: Eksperimen, Bacaan Satra Anak, Intelektual Bahasa 

File :
SKRIPSI.pdf
Institution Info

Universitas Hamzanwadi