DETAIL DOCUMENT
“PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X di SMAN 1 SAKRA TIMUR TAHUN PEMBELAJARAN 2018/2019”
Total View This Week0
Institusion
Universitas Hamzanwadi
Author
NOVIA NURSUSILA WATI, VEVI
Subject
Pembelajaran Ekonomi 
Datestamp
2021-01-23 02:21:48 
Abstract :
Penelitian ini bertujiuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Reciprocal Teaching Terhadap Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X di SMAN 1 Sakra Timur Tahun Pembelajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah menggunakan metode eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Bentuk eksperimen dalam penelitian ini adalah eksperimen semu (Quasi eksperimen). Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPS SMAN 1 Sakra Timur Tahun Pembelajaran 2018/2019. Sampel Penelitian ditentukan dengan teknik random sampling, sampel berjumlah 50 siswa kelas X IPS SMAN 1Sakra Timur Tahun Pembelajaran 2018/2019. Desain Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pretes Posttes Control Group Design. Teknik pengumpulan data menggunakan uji-t poled varian. Hasil hipotesis Berdasarkan variabel hasil belajar siswa diperoleh t-hitung 4,84 dan t-tabel 1,672. Karena t-hitung 4,84 dan t-tabel 1,672 dengan taraf uji 5% maka t-tabel lebih kecil dari t-hitung sehingga hipotesis Ho yang diajukan ditolak dengan kata lain hipotesis Ha diterima. Berarti ada pengaruh model pembelajaran Reciprocal Teaching terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa. Kata Kunci: Reciprocal Teaching, aktivitas, Hasil Belajar 

File :
SKRIPSI_.pdf
Institution Info

Universitas Hamzanwadi