DETAIL DOCUMENT
PENGEMBANGAN MEDIA POSTER KONTEKSTUAL PADA MATERI BANGUN RUANG KELAS V SDN 2 SURABAYA LOMBK TIMUR TAHUN PELAJARAN 2019/2020
Total View This Week0
Institusion
Universitas Hamzanwadi
Author
HARYADI, NOPIAN
Subject
Media Pembelajaran 
Datestamp
2021-01-26 06:39:16 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan media pembelajaran matematika berbasis keadaan dunia nyata pada materi bangun ruang, (2) menganalisis kualitas media poster kontekstual materi bangun ruang, (3) mengetahui kelayakan media poster kontekstual pada materi bangun ruang dalam pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitianReseach and Development. Model pengembangan media yang digunakan adalah model 4D (four D model). Keempat tahapan tersebut adalah Define, Design, Development dan Disseminateyang dikemukakan oleh Thiagarajan.Namun media ini hanya sampai pada tahap Development.Pengembangan media ini dinilai berdasarkan kelayakan isi, penyajian, dan bahasa media kemudian diujicobakan pada 7 siswa.Tanpa mengalami revisi, media diujicobakan pada kelas V. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket.Media pembelajaran ini berbasis dunia nyata siswa, dimana tahapan-tahapannya berupa merumuskan masalah sehari-hari, memecahkan masalah, merekomendasikan hasil pemecahan masalah. Hasil penelitian ini adalah (1) media poster matematika berbasis kontekstual memiliki ciri yaitu langkah pembelajaran disesuaikan dengan langkah pembelajaran berbasis kontekstual (2) kualitas media poster matematika yang dikembangkan berkategori baik, (3) respon siswa pada kelas V setelah menggunakan media poster kontekstual mendapat rata-rata nilai sebesar 41,1%. Kata kunci: Media, Kontekstual, Pemecahan Masalah. 

File :
SKRIPSI.pdf
Institution Info

Universitas Hamzanwadi