DETAIL DOCUMENT
PENGARUH METODE TOTAL PHYSICAL RESPONSE (TPR) TERHADAP HASIL BELAJAR ACTIVE ENGLISH ACHIEVEMENT SISWA KELAS V MI NW REKAT LAUK TAHUN AJARAN 2019/2020
Total View This Week0
Institusion
Universitas Hamzanwadi
Author
PUTRI, NUR SHOFIYA
Subject
Metode Pembelajaran 
Datestamp
2021-01-26 07:08:49 
Abstract :
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar Active English Achievement antar siswa yang dibelajarkan dengan metode Total Physical Response (TPR) dengan siswa yang tidak dibelajarkan dengan metode TPR, dan untuk mengetahui apakah ada pengaruh metode TPR terhadap hasil belajar Active English Achievement pada siswa kelas V MI NW Rekat Lauk, Tahun ajaran 2019/2020. Pada penelitian ini peneliti menggunakan sampling total dikarenakan jumlah populasi yang relative kecil yakni kurang dari 30 orang. Jumlah sampel pada penelitian ini adalah sebanyak 16 orang. Teknik analisis data yang digunakan adalah berbentuk test lisan ( oral test) yang berjumlah 10 soal baik di pre-test maupun pada post-test. Hasil analisis data tersebut akan kembali diolah dengan bantuan software SPSS 20. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh data dari pre-test rata-rata nilai keseluruhan siswa=19.37, nilai terendah=0, nilai tertinggi=60. Setelah diberlakukan dengan metode TPR, hasil post-test mencapai rata-rata = 81.87, nilai terendah=50, dan nilai tertinggi=100. Kesimpulan dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode TPR mampu meningkatkan Active English Achievement siswa. Kata Kunci: Metode Total Physical Response, Active English Achievement 
Institution Info

Universitas Hamzanwadi