Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran
pop up book terhadap motivasi belajar IPA dan kreativitas peserta didik kelas
IVA SD 1 Rumbuk tahun pelajaran 2019/2020. Jenis penelitian menggunakan
metode eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IVA di
SDN 1 rumbuk. Sampel penelitian yang digunakan sampling jenuh dimana
semua anggota populasi digunakan sebagai sampel. Kelas IVA sebagai kelas
eksperimen. Rancangan penelitian yang digunakan penelitian Pre eksperimental
ini menggunakan desain One-shot Case Studi. Teknik pengumpulan data
menggunakan angket motivasi belajar dan lembar kreativitas siswa. Data
dianalisis menggunakan data uji t. Hasil hipotesis angket menunjukkan bahwa
thitung >ttabel yaitu (10,82>1,729) sedangkan hasil hipotesis kreativitas bahwa thitung
>ttabel yaitu (9.86>1,729) yang berarti Ho ditolak dan Ha di terima, sehingga dapat
disimpulkan bahwa ada pengaruh media pembelajaran Pop up book terhadap
motivasi belajar IPA dan kreativitas siswa kelas IV SDN 1 Rumbuk Tahun
Pelajaran 2019/2020.
Kata Kunci: Pengaruh Media Pop Up Book, Motivasi Belajar, Kreativitas
Siswa, mata pelajaran IPA.