Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan booklet mitigasi gempa
bumi dan tsunami untuk anak sekolah dasar. Jenis penelitian ini adalah penelitian
pengembangan yang menggunakan prosedur penelitian pengembangan Borg dan
Gall yang terdiri dari 10 (sepuluh) tahapan yang kemudian disederhanakan
menjadi 6 tahapan. Instrumen pengumpul data yang dipergunakan pada penelitian
ini yaitu angket validasi ahli materi, angket validasi ahli media, angket respon
siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, (1) Hasil validasi yang dilakukan
oleh validasi ahli materi/ bahasa dengan skor 41 dengan kategori baik dan validasi
ahli media dengan skor 56 dengan kategori baik, (2) Hasil uji coba lapangan di MI
NW Sukaraja, respon siswa menunjukkan rata- rata skor aktualnya yaitu 46
dengan kategori “sanga baikâ€, hal ini menunjukkan siswa memberikan respon
baik terhadap media booklet mitigasi gempa bumi dan tsunami. Sehingga dapat
disimpulkan bahwa media booklet mitigasi gempa bumi dan tsunami layak untuk
dipergunakan dalam proses pembelajaran.
Kata kunci: Pengembangan, Booklet, Gempa Bumi Dan Tsunami