Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Lembar Kerja Siswa
(LKS) Matematika Berbasis Kearifan Local untuk Siswa Kelas II Madrasah
Ibtida’iyah Al-Muslihun NW Menseh yang terdiri dari 20 siswa. Penelitian ini
merupakan penelitian pengembangan model Borg and Gall yang di sederhanakan
menjadi 5 tahapan yaitu: a). analisis kebutuhan, b). desain, c). pembuatan
prototype, d). uji cobalapangan, e). revisi. Instrument pengumpulan data meliputi
tes lembar validasi oleh ahli materi dan ahli tampilan, angket respon siswa dan tes
hasil belajar.Teknik analisis datanya adalah panduan konversi data kuantitatif ke
data kualitatif dengan skala lima dan rumus skor rata-rata. Hasil penelitian ini
menunjukkan bahwa produk Lembar Kerja Siswa (LKS) layak digunakan dalam
pembelajaran. Berdasarkan hasil uji lapangan di peroleh data skor rata-rata 86,50
dengan tingkat presentase ketuntasan mencapai 95%. Respon siswa terhadap
lembar kerja siswa (LKS) dikatakan baik setelah diberikan angket responden
kepada 20 orang respon di peroleh rata-rata 27,70%.
Kata kunci: Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Matematika Berbasis
Kearifan Lokal