Abstract :
Penelitian ini bertujuan mengembangkan media Corong Berhitung untuk
mengenalkan konsep dasar matematika anak usia 5-6 tahun. Model
pengembangan yang digunakan tipe Borg and Gall yang teridiri atas 7 tahapan
yaitu: 1)Analisis Kebutuhan, 2)Perencanaan, 3)Pembuatan Produk Awal, 4)Uji
coba lapangan awal, 5)Revisi Media Pembelajaran, 6)Uji Coba Lapangan, 7)
Revisi Akhir Media. Produk yang dikembangkan divalidasi oleh 1 orang ahli
materi dan media. Subjek uji coba lapangan berjumlah 30 anak. Instrumen untuk
mengumpulkan data adalah tes dan observasi. Teknik analisis data yang
digunakan adalah data kualitatif diperoleh dari penilaian kualitas produk oleh ahli,
data kuantitatif diperoleh dari hasil tes. Hasil penelitian dari hasil validasi ahli
media memperoleh skor 43 dengan nilai rata-rata 4,3 (kriteria sangat baik), hasil
validasi ahli materi memperoleh skor 46 dengan nilai rata-rata 4,6 (kriteria sangat
baik). Hasil uji coba lapangan diperoleh data rata-rata persentase keberhasilan
klasikal 90% (BSH) dan 10% (MB) dan data hasil observasi diperoleh data ratarata persentase keberhasilan klasikal 86% (BSH) dan 14% (MB). Berdasarkan
hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa media corong berhitung layak digunakan
untuk mengenalkan konsep dasar matematika anak usia 5-6 tahun.
Kata Kunci: Media pembelajaran, corong berhitung, konsep dasar matematika,
anak usia 5-6 tahun, R&D..