Abstract :
Maesyarah, 11220016 (2017). Pengaruh Kooferatif tipe Group Investigasi (GI)
Terhadap Hasil Belajar kognitif Siswa Kelas VII SMPN 2 sambelia
Tahun Pelajaran 2017/2018. Skripsi, Selong, Program Studi Pendidikan
Biologi, Universitas Hamzanwadi.
Pembimbing I : Sarwati, M.Pd
Pembimbing II : Husnayati Hartini, M.Pd
Kegiatan siswa dalam proses pembelajaran IPA biologi masih kurang aktif.
penyebabnya adalah pembelajaran yang lebih sering menggunakan metode pembelajaran
konvensional (ceramah). Penggunaan metode ceramah yang sering dalam proses
pembelajaran IPA biologi membuat siswa cepat bosan dan hasil belajar siswa pun rendah,
Untuk mengatasi masalah tersebut diterapkan metode pembelajaran yang dapat
merangsang berfikir kritis siswa khususnya dalam menjawab soal IPA biologi dan
mendorong siswa agar lebih aktif saat proses pemebelajaran. Oleh karena itu, peneliti
mencoba menerapkan metode GI.
Penelitian ini menggunakan penelitian quasi eksperimen. Populasi dalam
penilitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 2 Sambelia, yang berjumlah
tigat kelas. Sampel penelitian di ambil secara acak dengan teknik simple random sample
dan diambil dua kelas, kelas VIIA sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIB sebagai kelas
kontrol. Pada kelas eksperimen diterapkan metode (GI) sedangkan kelas kontrol
diterapkan metode konvensional.
Berdasarkan data yang diperoleh, hasil uji normalitas yang dilakukan pada
masing-masing kelas didapatkan nilai x2hitung pada kelas eksperimen 76,66 sedangkan
pada kelas kontrol nilai x2hitung yang diperoleh 65,80 dan harga x2tabel yang digunakan
untuk menguji hasil normalitas data adalah 11,070. Berdasarkan kriteria yang ada bahwa
jika harga x2hitung