Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Strategi Pembelajaran
BCM (Bermain, Cerita, Menyanyi) Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata
Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas V Pada SDN 7 Lendang Nangka Tahun
Pelajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini menggunakan metode eksperimen.
Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SDN 7 Lendang Nangka tahun
pelajaran 2019/2020. Sampel penelitian ditentukan dengan teknik nonprobability
sampling dan didapatkan dua sample yakni Kelas VA dengan jumlah 22 siswa
sebagai kelas kontrol dan kelas VB dengan jumlah 22 siswa sebagai kelas
eksperimen. Rancangan penelitian yang digunakan adalah post-test only control
design. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan angket. Data
dianalisis menggunakan uji-t yaitu dengan taraf signifikan 5%. Hasil hipotesis
menunjukkan bahwa thitung > ttabel yaitu (5,56 > 2,02) yang berarti H0 ditolak dan
Ha diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh Strategi
Pembelajaran BCM (Bermain, Cerita, Menyanyi) Terhadap Motivasi Belajar
Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas V SDN 7 Lendang Nangka
Tahun Pelajaran 2019/2020.
Kata Kunci: BCM (Bermain, Cerita, Menyanyi), Motivasi Belajar