DETAIL DOCUMENT
PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN BCM (BERMAIN, CERITA, MENYANYI) TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA SDN 7 LENDANG NANGKA TAHUN PELAJARAN 2019/2020
Total View This Week0
Institusion
Universitas Hamzanwadi
Author
HIDAYAH, NURUL
Subject
Metode Pembelajaran 
Datestamp
2021-01-28 07:37:09 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Strategi Pembelajaran BCM (Bermain, Cerita, Menyanyi) Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas V Pada SDN 7 Lendang Nangka Tahun Pelajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SDN 7 Lendang Nangka tahun pelajaran 2019/2020. Sampel penelitian ditentukan dengan teknik nonprobability sampling dan didapatkan dua sample yakni Kelas VA dengan jumlah 22 siswa sebagai kelas kontrol dan kelas VB dengan jumlah 22 siswa sebagai kelas eksperimen. Rancangan penelitian yang digunakan adalah post-test only control design. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan angket. Data dianalisis menggunakan uji-t yaitu dengan taraf signifikan 5%. Hasil hipotesis menunjukkan bahwa thitung > ttabel yaitu (5,56 > 2,02) yang berarti H0 ditolak dan Ha diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh Strategi Pembelajaran BCM (Bermain, Cerita, Menyanyi) Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas V SDN 7 Lendang Nangka Tahun Pelajaran 2019/2020. Kata Kunci: BCM (Bermain, Cerita, Menyanyi), Motivasi Belajar 
Institution Info

Universitas Hamzanwadi