Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk pengembangan produk yang berupa media papan
komutatifdiimplementasikan denganmodel talking stick pada materi perkalian
sebagai penjumlahan berulang kelas II SD/MI Tahun Pelajaran 2019/2020.
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan mengadopsi model
pengembangan Borg and Gall yang terdiri dari 6 tahapan yang disederhanakan
analisis kebutuhan, desain produk, pembuatan dan validasi produk, revisi produk
dan uji coba lapangan, dan revisi akhir.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk papan komutatif layak digunakan
dalam pembelajaran. Berdasarkan hasil validasi ahli diketahui bahwa papan
komutatif dikategorikan “baik†dengan kriteria sebagai berikut dari segi ahli
materi menghasilkan jumlah skor aktual 52 dengan rata-rata 4,0 dan dari segi
tampilan juga dalam kategori “Sangat baik†menghasilkan jumlah skor aktual 57
dengan rata-rata 4,38. Berdasarkan hasil uji coba lapangan diperoleh data skor
rata-rata 74,4 dengan tingkat persentase ketuntasan mencapai 84%. Sehingga
dapat disimpulkan bahwa media papan komutatif memenuhi kriteria valid dan
efektif yang telah dikembangkan sesuai dengan prosedur pengembangan.
Kata kunci: Media papan komutatif, pengembangan Borg and Gall, Talking stick