Abstract :
Latar belakang penulis didasarkan pada masih rendahnya motivasi belajar
siswa pada mata pelajaran matematika. Tujuan penelitian ini yaitu untuk
mendeskripsikan upaya peningkatan motivasi belajar dan meningkatkan motivasi
belajar siswa melalui penggunaan media konkret. Jenis penelitian ini adalah
Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Setiap siklus terdiri atas empat langkah yaitu
perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data
berupa observasi, kuesioner, dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan dalam
penelitian ini adalah lembar pengamatan motivasi dan lembar kuesioner motivasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, penggunaan media konkret dapat
meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas III A
MI NW Model Aik Anyar tahun ajaran 2019/2020. Hal ini dapat dilihat dengan
keaktipan dan keberanian siswa untuk mengutarakan ide atau pikiran siswa
selama proses pembelajaran berlangsung dan perolehan kuesioner yang diperoleh
siswa mulai dari pra tindakan sampai dengan siklus II dari jumlah keseluruhan 14
siswa terdapat 2 siswa dengan nilai 14,29% yang memiliki klasifikasi baik,
terdapat 12 siswa dengan nilai 85,71% dengan klasifikasi sangat baik, dan tidak
ada lagi siswa yang memiliki motivasi belajar cukup ataupun kurang.
Kata kunci: Motivasi Belajar Matematika, Media Konkret