DETAIL DOCUMENT
MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA TENTANG MEMECAHKAN MASALAH YANG MELIBATKAN UANG MELALUI PENGGUNAAN MEDIA KONKRET KELAS III MI NW MODEL AIK ANYAR 2019/2020
Total View This Week0
Institusion
Universitas Hamzanwadi
Author
IN, NURUL
Subject
Strategi Pembelajaran 
Datestamp
2021-01-28 07:47:12 
Abstract :
Latar belakang penulis didasarkan pada masih rendahnya motivasi belajar siswa pada mata pelajaran matematika. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan upaya peningkatan motivasi belajar dan meningkatkan motivasi belajar siswa melalui penggunaan media konkret. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Setiap siklus terdiri atas empat langkah yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data berupa observasi, kuesioner, dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar pengamatan motivasi dan lembar kuesioner motivasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, penggunaan media konkret dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas III A MI NW Model Aik Anyar tahun ajaran 2019/2020. Hal ini dapat dilihat dengan keaktipan dan keberanian siswa untuk mengutarakan ide atau pikiran siswa selama proses pembelajaran berlangsung dan perolehan kuesioner yang diperoleh siswa mulai dari pra tindakan sampai dengan siklus II dari jumlah keseluruhan 14 siswa terdapat 2 siswa dengan nilai 14,29% yang memiliki klasifikasi baik, terdapat 12 siswa dengan nilai 85,71% dengan klasifikasi sangat baik, dan tidak ada lagi siswa yang memiliki motivasi belajar cukup ataupun kurang. Kata kunci: Motivasi Belajar Matematika, Media Konkret 

File :
nurul in.pdf
Institution Info

Universitas Hamzanwadi