Abstract :
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penyebab guru
mengalami kesulitan dalam penilaian kurikulum 2013 di MI NW Tebaban
Kecamatan Suralaga. Objek yang dalam penelitian ini adalah kesulitan guru dalam
implementasi kurikulum 2013 di MI NW Tebaban. Populasi penelitian ini adalah
seluruh guru di MI NW Tebaban kecamatan Suralaga. Teknik pengumpulan data
yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan
dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 16 guru yang paham
perencanaan proses pembalajaran adalah 56, 25 dan yang kesulitan dalam
perencanaan proses pembelajaran adalah 43.75%. dalam penyusunan perangkat
pembelajaran dan dari 16 guru 31,25% guru yang memang telah menguasai teknik
penilaian dalam kurikulum 2013, 31, 25% guru yang masih kesulitan dalam
penyusunan instrument penilaian pada bagian dalam membahasakannya ketika
menyusun instrumen penilaian, dan 37, 5% guru yang ada disekolah tersebut
belum memahami teknik penilaian kurikulum 2013.
Kata Kunci: Kesulitan Guru, Implementasi Kurikulum 2013