Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model
pembelajaran time token arensd berbantuan media video pembelajaran
terhadap sikap toleransi siswa pada mata pelajaran IPS kelas III SDN 4
Pringgasela tahun pembelajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini menggunakan
metode eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III SDN
4 Pringgasela tahun pelajaran 2019/2020. Sampel penelitian ini ditentukan
dengan teknik cluster sampling. Kelas III/A sebagai kelas eksperimen,
sedangkan kelas III/B sebagai kelas kontrol. Rancangan penelitian yang
digunakan adalah posttest only control design. Teknik pengumpulan data
menggunakan lembar observasi dan dokumentasi. Data analisis menggunakan
uji-t dua sampel berkolerasi. Hasil hipotesis menunjukan bahwa thitung>ttabel
(1,948 > 1,734) yang berarti Ho di tolak Ha diterima, sehingga dapat
disimpulkan bahwa ada pengaruh penggunaan model pembelajaran time token
arensd berbantuan media video pembelajaran terhadap sikap toleransi siswa
pada mata pelajaran IPS kelas III SDN 4 Pringgasela tahun pelajaran
2019/2020.
Kata Kunci:Model pembelajaran time token arends, media video
pembelajaran, sikap toleransi siswa.