DETAIL DOCUMENT
PENGARUH PENDEKATAN REALISTIK TERINTEGRASI TEORI BELAJAR BRUNER PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV MI NW REKAT LAUK TAHUN PELAJARAN 2019/2020
Total View This Week0
Institusion
Universitas Hamzanwadi
Author
RAEHANAH, RAEHANAH
Subject
Strategi Pembelajaran 
Datestamp
2021-02-01 06:20:41 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh pendekatan Reaistik terhadap aktivitas dan hasil belajar matematika pokok bahasan bangun datar kelas IV MI NW Rekat Lauk Kelurahan tahun pelajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Adapun desain penelitian yang digunakan adalah One Group Pretest-Postest Design, yaitu sebuah treatment diputuskan berdasarkan perbedaan antara pretest dan posttest karena membandingkan keadaan sebelum dan sesudah diberi perlakuan. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV MI NW Rekat Lauk dengan jumlah 16 orang. Dan teknik yang digunakan untuk pengumpulan data ialah tes essay Berdasarkan hasil penelitian diperoleh mean pada tahap post-test yaitu 81,25 sedangkan mean yang diperoleh pada tahap pre-test yaitu 55,2. Dari data uji-t dengan rumus separated varians diperoleh thitung>ttabel(52,1 >1,69) maka hipotesis ditolak dan hipotesis diterima yang artinya ada pengaruh pendekatan Realistik terhadap aktivitas dan hasil siswa pokok bahasan bangun datar mata pelajaran matematika siswa kelas IV MI NW Rekat Lauk tahun pelajaran 2019/2020. Jadi prestasi belajar matematika setelah mengunakan pendekatan Realistik lebih tinggi dibandingkan dengan pembelajaran sebelum menngunakan pendekatan Realistik. Kata Kunci: Pendekatan Realistik, aktivitas dan hasil belajar. 

File :
SKRIPSI.pdf
Institution Info

Universitas Hamzanwadi