DETAIL DOCUMENT
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DIPADU DENGAN STAD TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS VIII SMPN 2 WANASABA TAHUN PELAJARAN 2018/2019
Total View This Week0
Institusion
Universitas Hamzanwadi
Author
RAMLAH, RAMLAH
Subject
Evaluasi Pembelajaran 
Datestamp
2021-02-03 02:08:01 
Abstract :
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh hasil belajar IPA dengan menggunakan model pembelajaran Discovery Learning Dipadu Dengan STAD (DISTAD) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kelas VIII SMPN 2 Wanasaba Tahun Pelajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen dalam bentuk Postest-only Control Design. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 2 Wanasaba. Populasi dalam penelitian ini mencakup seluruh siswa kelas VIIISMPN 2 Wanasaba. Sampel dalam penelitian ini adalah kelasVIII B sebagai kelas eksperimen dan kelasVIII A sebagai kelas kontrol . Instrumen dalam penelitian ini berupa tes kemampuan hasil belajar dalam bentuk tes pilihan ganda yang berjumlah 20 butirsoal. Berdasarkan hasil analisis data diperolehan nilai rata–rata kelas eksperimen yakni 75,24 dan kelas kontrol yakni 45,954. Sedangkan, uji hipotesis menggunakan analisis statistik dengan rumus uji-t pada taraf kepercayaan 5% adalah diperoleh thitung sebesar 8,295. Setelah dibandingkan dengan t-tabel (2,019), maka t-hitung (9,295) < t-tabel (2,019) sehingga kesimpulan dalam penelitian ini adalah ada pengaruh model Pembelajaran Discovery Learning Dipadu Dengan STAD (DISTAD) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kelas VIII SMPN 2 Wanasaba Tahun Pelajaran 2018/2019. Yaitu model Pembelajaran Discovery Learning Dipadu Dengan STAD (DISTAD) besar pengaruhnya terhadap hasil belajar IPA pada kelas VIII. Kata Kunci: Discovery Learning, Student Team Achievement Divisions (STAD), Hasil Belajar. 
Institution Info

Universitas Hamzanwadi