DETAIL DOCUMENT
PENGARUH PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES SAINS (KPS) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS VII MTS DARUSSHOLIHINNW KALIJAGA TAHUN PELAJARAN 2017/2018
Total View This Week0
Institusion
Universitas Hamzanwadi
Author
ROSIDAH, ROSIDAH
Subject
Media Pembelajaran 
Datestamp
2021-02-03 03:43:51 
Abstract :
PENGARUH PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES SAINS (KPS) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS VII MTS DARUSSHOLIHIN NW KALIJAGA TAHUN PELAJARAN 2017/2018 Rosidah1.Nuraini.2Wawan Muliawan3. Progran Studi Pendidikan Biologi Universitas Hamzanwadi Abstrak:Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas pendekatan keterampilan proses terhadap hasil belajar siswakelas VII MTS Darussholihin NW Kalijaga Tahun Pelajaran 2017/2018.Jenis peneltian ini adalah penelitian eksperimen, dengan bentuk desain eksperimen semu (Quasi Eksperimental Design). Desain dari quasi eksperimen ini menggunakan posttest-only control design. Populasi penelitian ini adalah seluruh Siswa MTs Darussholihin NW Kalijaga 2017/2018 . Sampel penelitian meliputi kelas VII’A sebagai kelas eksperimen yang terdiri dari 26 siswa dan kelas VII’B sebagai kelas kontrol yang terdiri dari 26 siswa . Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian berupa tes dalam bentuk pilihan ganda dan terdiri atas 25 soal. Teknik analisis data untuk melihat hasil belajar siswa menggunakan, uji-t.Nilai rata-rata (Mean)yang diperoleh kelas eksperimen yaitu 77.86 sedangkan nilai rata-rata (Mean) yang diperoleh kelas kontrol yaitu 59.82 dan uji hipotesis pada penelitian ini diperoleh thitung ˃ ttabel yaitu 5,30˃2,06, sehingga kesimpulan dalam penelitian ini adalah pembelajaran dengan menggunakan Pendekatan Keterampilan Proses sains berpengaruhterhadap hasil belajar siswa pada pokok bahasan pencemaran lingkungan kelas VII MTS Darussholihin NW Kalijaga Tahun Pelajaran 2017/2018. Kata Kunci: Pendekatan Keterampilan Proses Sains: Hasil Belaja 
Institution Info

Universitas Hamzanwadi