DETAIL DOCUMENT
PENGARUH COOPERATIVE LEARNING TIPE NUMBER HEAD TOGETHER TERHADAP PENGUASAAN KONSEP BIOLOGI PADA SISWA KELAS X MA NW TOYA TAHUN PELAJARAN 2017/2018
Total View This Week0
Institusion
Universitas Hamzanwadi
Author
WARDAINI, WARDAINI
Subject
Metode Pembelajaran 
Datestamp
2021-02-03 05:52:35 
Abstract :
Wardaini. (2018). Pengaruh cooperative learning tipe Number Head Together terhadap penguasaan konsep biologi siswa kelas X MA NW Toya Tahun Pelajaran 2017/2018. Skripsi. Program StudiPendidikan biologi, Universitas Hamzanwadi. Email : wardaini@yahoo.com.id Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh cooperative learning tipe number head togetherterhadappenguasaankonsepbiologisiswakelas X MA NW Toya Tahun Pembelajaran 2017/2018. Penelitian ini termasuk jenis penelitian eksperimen. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X MA NW Toyatahun pembelajaran 2017/2018. Sampel penelitian ditentukan dengan teknikrandom sampling. Kelas XA sebagai kelas eksperimen, sedangkan kelas XB sebagai kelas kontrol. Rancangan penelitian yang digunakan adalah pretes and post-test control group design. Instrumenpenelitian menggunakan tes penguasaankonsep. Data dianalisis menggunakan uji-t dua pihak yaitu polled varian dengan taraf signifikan 5%. Hasil analisis data menunjukkan bahwa thitung> ttabel yaitu (4.24>2.01) yang berarti H0 ditolak, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh Cooperative Learning Tipe Number Head TogetherTerhadap penguasaan konsep biologi siswa kelas X MA NW ToyaTahun Pelajaran 2017/2018. . Kata Kunci: cooperative learning tipe number head together, penguasaankonsep 
Institution Info

Universitas Hamzanwadi