DETAIL DOCUMENT
PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH OLEH SISWA MELALUI POLA LESSON STUDY MATERI GETARAN HARMONIK SEDERHANA KELAS X SMAN 1 MASBAGIK TAHUN PELAJARAN 2017/2018
Total View This Week0
Institusion
Universitas Hamzanwadi
Author
SARI, DEVI ANGGRAIN
Subject
Evaluasi Pembelajaran 
Datestamp
2021-02-03 22:48:36 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: pengaruh model problem based learning terhadap kemampuan pemecahan masalah oleh siswa melalui pola lesson study materi getaran harmonik sederhana. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPA SMAN 1 MASBAGIK. Sampel penelitian ini ditentukan dengan menggunakan purposif sampling. Tehnik pengumpulan data menggunakan tes essay. Uji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji t dua pihak. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model problem based learning terhadap kemampuan pemecahan masalah oleh siswa melalui pola lesson study materi getaran harmonik sederhana kelas X SMAN 1 MASBAGIK tahun pelajaran 2017/2018, dengan nilai thitung 3,548 > ttabel 2,001. Kata kunci : Model problem based learning, Kemampuan pemecahan masalah, Pola Lesson Study, Getaran HarmoniK Sederhana. 
Institution Info

Universitas Hamzanwadi