DETAIL DOCUMENT
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) MELALUI LESSON STUDY TERHADAP KEMAMPUAN MENGANALISIS SISW2A KELAS X PADA MATERI VEKTOR MA MUALLIMIN NW GUNUNG RAJAK TAHUN PELAJARAN 2017/2018
Total View This Week0
Institusion
Universitas Hamzanwadi
Author
SULISTIANINGSIH, RKA
Subject
Evaluasi Pembelajaran 
Datestamp
2021-02-06 01:59:07 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning (PBL) melaluipola Lesson Study terhadap kemampuan analisis siswa. Penelitian ini dilaksanakan di MA Muallimin NW Gunung Rajak tahun pembelajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas X MA Muallimin NW Gunung Rajak tahun pembelajaran 2017/2018, sebanyak 4kelas dengan jumlah rata-rata 28 siswa. Sampel penelitian ditentukan dengan teknik simpel random sampling dengan kelas X IPA2 sebagai kelas kontrol dan kelas X IPA1 sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data menggunakan tes uraian, untuk mengukur kemampuan analisis siswa. Uji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji t. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh metode Problem Based Learning(PBL) melalui pola Lesson Studyterhadap kemampuan analisis siswa, dengan kreteria ������ adalah 2,536>�� ��� adalah 1,677. Berdasarkan hasil analisis tersebut, maka dapat diketahui pembelajaran dengan menggunakan model Problem Based Learning (PBL) pola Lesson Studymemiliki kemampuan analisis siswa ada pengaruh pada materi vector kelas X tahun pelajaran 2017/2018. Katakunci: PembelajaranProblem BasedLearning (PBL),lesson study, kemampuan analisis. 
Institution Info

Universitas Hamzanwadi