DETAIL DOCUMENT
PENGARUH PENGGUNAAN MODUL PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS KEARIFAN LOKAL MATERI BUNYI TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS XI IPA SMAN 1 MASBAGIK TAHUN PEMBELAJARAN 2017/2018
Total View This Week0
Institusion
Universitas Hamzanwadi
Author
RAHMATULLAH, M. SALIM
Subject
Evaluasi Pembelajaran 
Datestamp
2021-02-06 02:59:15 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan modul pembelajaran fisika berbasis kearifan lokal pada materi gelombang bunyi terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPA SMAN 1 Masbagik Tahun Pembelajaran 2017/2018. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA di SMAN 1 Masbagik Tahun Pembelajaran 2017/2018. Sampel penelitian ditentukan dengan teknik cluster random sampling. Kelas XI IPA-2 sebagai kelompok eksperimen, sedangkan kelas XI IPA 1 sebagai kelompok kontrol. Rancangan penelitian yang digunakan adalah post-test only control design. Teknik pengumpulan data menggunakan tes hasil belajar. Data dianalisis menggunakan uji-t dua pihak dengan metode polled varian. Hasil hipotesis menunjukkan bahwa thitung > ttabel yaitu (4,35 > 1,69) yang berarti H0 ditolak, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penggunaan modul pembelajaran fisika berbasis kearifan lokal pada materi gelombang bunyi terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPA SMAN 1 Masbagik Tahun Pembelajaran 2017/2018. Kata Kunci: Modul Pembelajaran Fisika Berbasis Kearifan Lokal, Hasil Belajar, Gelombang Bunyi 
Institution Info

Universitas Hamzanwadi