DETAIL DOCUMENT
PENGARUH METODE INKUIRI BEBAS TERMODIFIKASI TERHADAP PRESTASI BELAJAR DITINJAU DARI MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI MOMENTUM DAN IMPULS KELAS X IPA DI SMA NEGERI 1 SUKAMULIA TAHUN PELAJARAN 2017/2018
Total View This Week0
Institusion
Universitas Hamzanwadi
Author
ISNAWATI, ISNAWATI
Subject
Evaluasi Pembelajaran 
Datestamp
2021-02-06 04:25:03 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui bagaimana pengaruh metode inkuiri bebas termodifikasi terhadap prestasi belajar peserta didik. 2) Mengetahui bagaimana pengaruh minat belajar terhadap prestasi belajar peserta didik. 3) Mengetahui bagaimana interaksi antara metode inkuiri bebas termodifikasi dengan minat belajar terhadap prestasi belajar peserta didik Penelitian dilaksanakan di SMAN 1 Sukamulia Tahun Pembelajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas X IPA SMAN 1 Sukamulia. Sampel penelitian ditentukan dengan teknik sampel Random, sehingga didapatkan kelas X IPA 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas X IPA 3 sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan data dengan tes dan angket. Uji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji anava dua jalan dengan desain factorial 2 x 2. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan: 1) ada pengaruh metode inkuiri bebas termodifikasi terhadap prestasi belajar peserta didik , dengan kriteria Fa adalah 7,466 >Ftabel adalah 4,075. 2) ada pengaruh minat belajar terhadap prestasi belajar peserta didik, dengan kriteria Fb adalah 8,351 ˃ Ftabel adalah 4,075. 3) Tidak ada interaksi antara metode dengan minat belajar peserta didik terhadap prestasi belajar, dengan kriteria Fab adalah 1,970
Institution Info

Universitas Hamzanwadi