DETAIL DOCUMENT
PENGEMBANGAN BAHAN AJAR IPA SD BERBASIS KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS UNTUK SISWA KELAS V SDN 03 TEBABAN TAHUN PELAJARAN 2017 / 2018
Total View This Week0
Institusion
Universitas Hamzanwadi
Author
HAJRI, JANNATUL
Subject
Strategi Pembelajaran 
Datestamp
2021-02-08 03:33:41 
Abstract :
JANNATUL HAJRI. (14110225). Pengembangan Bahan Ajar IPA SD Berbasis Keterampilan Berpikir kritis Untuk Siswa Kelas V SDN 03 Tebaban Tahun Pelajaran 2017 / 2018. Skripsi, Program Studi Ilmu Pendidikan, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Hamzanwadi Selong. Pembimbing (1) Mijahamuddin Alwi, M.Pd, (II) Muhammad Sururudin, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar berbasis keterampilan berpikir kritis pada mata pelajaran IPA kelas V SDN 03 Tebaban. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R & D) atau penelitian dan pengembangan dengan mengadopsi model pengembangan Borg and Gall yang telah disederhanakan. Berdasarkan hasil validasi, diperoleh hasil validasi materi dengan nilai 3,48 > X � 3,3 kategori (“baik”), dan hasil validasi bahasa dengan nilai 3,71 > X � 3,5 kategori (“baik”). Adapun hasil uji coba produk terhadap siswa kelas V SDN 03 Tebaban yang terdiri dari 26 orang siswa, setelah divalidasi antara lain: respon siswa pada skala kecil dari 10 orang siswa berkategori “rendah” dengan persentase 80% dan uji coba skala besar mengalami peningkatan pada 26 orang siswa dengan persentase 68% (kategori “tinggi”). Sehingga dengan hasil penelitian ini disimpulkan bahwa pengembangan bahan ajar berbasis keterampilan berpikir kritis dapat meningkatkan respon dan aktivitas belajar siswa dan layak digunakan dalam pembelajaran sesuai dengan hasil validasi dari ahli materi, ahli bahasa, dan hasil uji coba lapangan. Kata Kunci: pengembangan bahan ajar berbasis keterampilan berpikir kritis dan pembelajaran IPA. 

File :
SKRIPSI_.pdf
Institution Info

Universitas Hamzanwadi