DETAIL DOCUMENT
PENGARUH LITERASI SEKOLAH BERBASIS DIRECTED READING ACTIVITY TERHADAP KETERAMPILAN BERBAHASA DI KELAS V SD NEGERI 1 LEPAK TAHUN PELAJARAN 2017/2018
Total View This Week0
Institusion
Universitas Hamzanwadi
Author
ROSYIDA, KHAERUNNISA’
Subject
Media Pembelajaran 
Datestamp
2021-02-08 03:42:10 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Pengaruh literasi sekolah berbasis Directed Reading Activity terhadap keterampilan berbahasa pada aspek membaca pemahaman siswa kelas V SD Negeri 1 Lepak Tahun Pelajaran 2017/2018. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pre eksperimental dengan jenis penelitian one group pretest posttest. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara teknik sampling jenuh. Subjek penelitian ini adalah 25 siswa. Instrument penelitian yang diberikan berupa tes essay. Uji prasyarat yang digunakan adalah Liliefors untuk menguji normalitas data. Berdasarkan hasil uji normalitas diperoleh bahwa populasi berditribusi normal. Data dianalisis dengan uji normalitas data dengan rumus liliefors dan uji hipotesis dengan rumus uji t-test. Dari hasil pengujian tersebut didapatkan data berdistribusi normal. Berdasarkan hasil pretest didapatkan nilai rata-rata yaitu 0,4173 sedangkan pada posttest didapatkan nilai rata-rata yaitu 0,3745.Dari hasil perhitungan uji hipotesis yang menggunakan uji t didapatkan hasil yaitu pada tes belajar siswa thitung >ttabel yakni 26,01 >2,001 dengan derajat kebebasan (db) = 48, dengan taraf signifikansi 0,05. Dengan demikian Ha diterima sedangkan Ho ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa literasi sekolah berbasis Directed Reading Activity berpengaruh terhadap membaca pemahaman siswa kelas V. Kata Kunci: literasi sekolah, directed reading activity, keterampilan berbahasa 
Institution Info

Universitas Hamzanwadi