DETAIL DOCUMENT
PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BAHASA INDONESIA BERBASIS PENDEKATAN WHOLE LANGUAGE TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS V SDN 2 PERIGI KECAMATAN SUELA TAHUN PELAJARAN 2016/2017
Total View This Week0
Institusion
Universitas Hamzanwadi
Author
SUSANTI, RENI
Subject
Metode Pembelajaran 
Datestamp
2021-02-08 06:47:09 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar berbasis whole language pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas V SDN 02 Perigi pokok bahasan keterampilan membaca pemahaman tahun pelajaran 2016/2017. Jenis metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R&D). Penelitian pengembangan ini menggunakan model Borg and Gall ia yang terdiri dari 5 tahapan yang disederhanakan yaitu 1) analisis, 2) Perencanaan (planning), 3) produksi, 4) Uji coba dan revisi, 5) pemanfaatan. Subyek penelitian adalah siswa kelas V SDN 02 Pergi sebanyak 15 orang. Penilaian produk melalui tahap validasi ahli tampilan, ahli materi dan uji coba lapangan. Hasil yang diproleh dari ahli tampilan adalah 34,002 Ë‚ X ≤ 42,006 dengan kategori “baik” dan hasil validasi ahli materi adalah X ˃ berada pada kategori “baik”. Data hasil tes belajar siswa didapatkan nilai rata-rata 97,3% siswa dari 15 siswa dengan ketuntasan klasikal 100 %. Selain itu, angket respon siswa terhadap produk yang dikembangkan diproleh 98,7% siswa yang menjawab “ya” dan 1,33% siswa yang menjawab “tidak” , dengan kategori “sangat merespon”. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan bahan ajar berbasis pendekatan whole language atau penggunaan pada mata pelajaran bahasa Indonesia pokok bahasan keterampilan membaca pemahaman kelas V SDN 02 Perigi layak digunakan. Kata kunci: Pengembangan, Bahan Ajar Berbasis Pendekatan Whole Language, Bahasa Indonesia 

File :
SKRIPSI.pdf
Institution Info

Universitas Hamzanwadi