DETAIL DOCUMENT
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BROWN TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN NARASI DI KELAS V MI MUHAMMADIYAH KELAYU TAHUN AJARAN 2019/2020
Total View This Week0
Institusion
Universitas Hamzanwadi
Author
IRNALIZI, RIMANELA
Subject
Metode Pembelajaran 
Datestamp
2021-02-08 06:54:24 
Abstract :
Latar belakang pada penelitian ini rendahnya minat menulis dan sulitnya menuangkan ide atau gagasan dalam menulis karangan narasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Brown pada pembelajaran Bahasa Indonesia serta untuk mengetahui keterampilan siswa dalam menuangkan ide tau gagasan dalam menulis karangan narasi di kelas V MI Muhammadiyah Kelayu Tahun Ajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V MI MuhammadiyahKelayu yang berjumlah 23 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi dan tes. Hasil penelitian setelah dilakukan metode Brown, uji normalitas dan uji hipotesis menunjukkan hasil nilai rata-rata pada Pretest sebesar 14,08 meningka tmenjadi 17,52 pada pembelajaran menulis karangan narasi dengan teknik pembelajaran Brown, sedangkan ketuntasan siswa pada Pretest belum ada yang mencapai KKM namun pada pembelajaran dengan teknik pembelajaran Brown mengalami peningkatan menjadi 65%. Uji normalitas dengan rumus Chi Kuadrat diperoleh hasil nilai untuk Pretest X 2hutung < X 2tabel (0,1687 <11,070) hasil untuk Posttest nilai untuk Pretest X 2hutung < X 2tabel (9,613 < 11,070). Uji hipotesis menggunakan rumus t-test di perolehhasilthitung>ttabel(21,8358< 2,0399).Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara Pretest dan Posttest dengan perlakuan metode pembelajaran Brown pada siswa kelas V MI Muhammadiyah Kelayu tahun ajaran 2019/2020. Kata Kunci : Kemampuan Menulis, Karangan Narasi, Pembelajaran Brown 

File :
SKRIPSI.pdf
Institution Info

Universitas Hamzanwadi