DETAIL DOCUMENT
IMPLEMENTASI PERMAINAN EDUKATIF TERINTEGRASI PERMAINAN TRADISIONAL (CONGKLAK) TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV SDN 02 WANASABA TAHUN PELAJARAN 2017/2018
Total View This Week0
Institusion
Universitas Hamzanwadi
Author
APRILIANA, LAELI
Subject
Media Pembelajaran 
Datestamp
2021-02-09 02:31:58 
Abstract :
IMPLEMENTASI PERMAINAN EDUKATIF TERINTEGRASI PERMAINAN TRADISIONAL (CONGKLAK) TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS IV PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA SDN 02 WANASABA TAHUN PELAJARAN 2017/2018 Oleh: Laeli Apriliana NPM:14110196 ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh permainan tradisional congklak terhadap motivasi belajar siswa kelas IV SDN 02 Wanasaba tahun pelajaran 2017/2018 pada mata pelajaran matematika materi Bilangan operasi hitung perkalian dan pembagian pada siswa kelas IV dengan jumlah populasi 45 siswa terdiri dari 23 kelas kontrol dan 22 kelas eksperimen. Jenis penelitian yang digunakan yaitu true eksperimental(eksperimen yang sebenarnya) dengan pendekatan kuantitatif. Instrumen yang digunakan untuk memperoleh data yaitu dengan angket yang terdiri dari 25 pertanyaan yang sudah valid. Angket diisi oleh 48 orang siwa sebagai subjek uji coba. Data yang diperoleh berbentuk data mentah yang kemudian diolah menjadi data kuantitatif. Data kuantitatif selanjutnya dianalisis uji normalitas dan homogenitasnya, kemudian dilakukan uji-t. Berdasarkan dari hasil analisis data, diperoleh rata rata hasil angket kelas kontrol =55,12 dan kelas eksperimen = 68,4. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan motivasi belajar siswa yang signifikan. Setelah dilakukan uji normalitas data kelas kontrol diperoleh nilai χ2 hitung < χ2 tabel atau 1,52 < 7,81 maka data kelas kontrol berdistribusi normal dan pada kelas eksperimen diperoleh nilai χ2 hitung < χ2 tabel atau 4,34 < 7,81 maka data kelas eksperimen berdistribusi normal. Kemudian pengujian homegenitas data diperoleh nilai Fhitung < Ftabel atau 1,59 < 2,02 maka varians-varians homogen. Sedangkan pada uji hipotesis penelitian diperoleh nilai thitung =1,67 dan ttabel = -1,68 maka nilai thitung> ttabel atau 1,67 >-1,68. Dengan demikian pembelajaran berbantuan permainan tradisional congklak berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran matematika materi Bilangan operasi hitung perkalian dan pembagian kelas IV di SDN 02 Wanasaba tahun pelajaran 2017/2018. Kata Kunci :Permainan Congklak,Motivasi Belajar 

File :
skripsi.pdf
Institution Info

Universitas Hamzanwadi