Abstract :
Tujuan penelitian adalah: 1) Untuk mengetahui karaktristik perilaku agresif
siswa kelas VIII di SMPN2 Sakra Tahun 2020/2021. 2) Untuk mengetahui Efektivitas
pelaksanaan layanan konseling individu menggunakan Rational Emotive Behavioral
Therapy (REBT) dalam mengatasi perilaku agresif siswa kelas VIII SMPN 2 Sakra
Tahun 2020/2021. Berdasrkan hasil penelitian dan analisis data yang telah dipaparkan
di atas dapat disimpulkan beberapa hal sebagai berikut: a). Profil perilaku agresif
siswa sesuai aspek yang meliputi: (1) Agresif fisik (Phisical Aggression, (2) Agresi
verbal (Verbal Aggression). (3) kemarahan (Anger), dan 4) Permusuhan (Hostility) 2)
konseling Individual denan teknk REBT efektif dalam mengurangi perilaku agresif.
Untuk itu disrankan kepada : (1) Sekolah, tenaga pelaksana bimbingan dan konseling
agar dapat membantu mengatasi maslah-maslah yang dialami siswa di sekolah sedini
mungkin baik dalam bentuk responsive atau penanganan kasus serupa sehingga
maslah perilaku agresif tidak terjadi. (2) Bagi guru, untuk meningkatkan prestasi
siswa di sekolah diperlukan kerja sama antara guru bidang studi dengan guru BK
dalam membantu melaksanakan program yang direncanakan. (3) Bagi siswa,
diharapkan dapat berprilaku adaptif dalam bergaul dan menjalani aktifitas seperti
biasanya. (4) Bagi Peneliti, hasil penelitian dapat digunakan sebagai tambahan
informasi bagi peneliti lain untuk melaksanakan penelitian sejenis dengan materi dan
konsep yang lebih luas dengan pendeketan yang lebih konperehensif.
Kata kunci: Perilaku Agresif Konseling Individual, Tekhnik REBT