Abstract :
Pembelajaran merupakan proses membantu siswa untuk memperoleh
informasi, ide, keterampilan, nilai, cara berpikir, dan cara-cara belajar. Sehingga
diperlukan metode-metode pembelajaran inovatif yang dapat membawa siswa
pada suasana belajar yang lebih aktif, melalui kegiatan membaca, menulis,
mendengarkan dan berbicara, yang dapat mengembangkan kemampuan berpikir
siswa terutama kemampuan berpikir kreatif. Adapun tujuan penelitian ini adalah
untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw
terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa kelas X Pada Mata Pelajaran Biologi
Melalui Pola Lesson Study di MA Darul Athfal Ranjok Tahun Pelajaran
2018/2019. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan
menggunakan Quasi Eksperimental Design. Populasi dalam penelitian ini siswa
kelas X IPS semester I yang terdiri dari 2 kelas dengan jumlah siswa sebanyak 36
orang. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas X IPS 1 sebagai kelas eksperimen
dan kelas X IPS 2 sebagai kelas kontrol menggunakan tekhnik simple random
sampling. Instrumen dalam penelitian ini berupa tes kemampuan berpikir kreatif
dalam bentuk tes essay yang berjumlah 6 butir soal. Berdasarkan hasil analisis
data diperoleh nilai rata-rata posttest kelas eksperimen yakni 57 dan kelas kontrol
yakni 50,75. Sedangkan uji hipotesis menggunakan analisis statistik dengan
rumus uji-t pada taraf kepercayaan 5% adalah diperoleh thitung sebesar 2.82. setelah
dibandingkan dengan ttabel 2.70, maka thitung 2.82> ttabel 2.70, sehingga kesimpulan
dalam penelitian ini adalah ada pengaruh penerapan model pembelajaran
kooperatif tipe jigsaw terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa kelas X Pada
Mata Pelajaran Biologi Melalui Pola Lesson Study di MA Darul Athfal Ranjok
Tahun Pelajaran 2018/2019.
Kata Kunci : Jigsaw, Kemampuan Berpikir Kreatif, Lesson Study