DETAIL DOCUMENT
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING MELALUI POLA LESSON STUDY TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA KELAS XI IPA SMA NEGERI 1 JANAPRIA TAHUN AJARAN 2019/2020
Total View This Week0
Institusion
Universitas Hamzanwadi
Author
AZIS, SRI ROFIDA
Subject
Metode Pembelajaran 
Datestamp
2021-02-10 03:38:17 
Abstract :
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Melalui pola Lesson Study Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Janapria Tahun Ajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan quasi eksperimental design dalam bentuk posttest-only control design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 1 Janapria Tahun Ajaran 2019/2020, yang terdiri dari 4 kelas dengan jumlah siswa sebanyak 80 siswa. Sampel penelitian ini ditentukan dengan teknik simple random sampling. Kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan Kelas XI IPA 2 sebagai kelas kontrol. Instrumen dalam penelitian ini berupa tes keterampilan proses sains siswa dalam bentuk essay yang berjumlah 7 soal. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh nilai rata-rata post-test kelas eksperimen yaitu 79,00 dan kelas kontrol yaitu 59,53. Sedangkan uji hipotesis menggunakan analisis statistik dengan rumus uji-t pada taraf signifikan 5% yaitu diperoleh thitung sebesar 3,17. Setelah dibandingkan dengan ttabel sebesar 2,045, menunjukkan bahwa thitung (3,17) > ttabel (2,045), maka H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa “Ada Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Melalui pola Lesson Study Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Janapria Tahun Ajaran 2019/2020”. Kata Kunci : Discovery Learning, Keterampilan Proses Sains 
Institution Info

Universitas Hamzanwadi