Abstract :
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Penerapan
Model Pembelajaran Discovery Learning Melalui pola Lesson Study Terhadap
Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Janapria Tahun
Ajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan
menggunakan quasi eksperimental design dalam bentuk posttest-only control
design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 1
Janapria Tahun Ajaran 2019/2020, yang terdiri dari 4 kelas dengan jumlah siswa
sebanyak 80 siswa. Sampel penelitian ini ditentukan dengan teknik simple random
sampling. Kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan Kelas XI IPA 2 sebagai
kelas kontrol. Instrumen dalam penelitian ini berupa tes keterampilan proses sains
siswa dalam bentuk essay yang berjumlah 7 soal. Berdasarkan hasil analisis data
diperoleh nilai rata-rata post-test kelas eksperimen yaitu 79,00 dan kelas kontrol
yaitu 59,53. Sedangkan uji hipotesis menggunakan analisis statistik dengan rumus
uji-t pada taraf signifikan 5% yaitu diperoleh thitung sebesar 3,17. Setelah
dibandingkan dengan ttabel sebesar 2,045, menunjukkan bahwa thitung (3,17) > ttabel
(2,045), maka H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan
bahwa “Ada Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning
Melalui pola Lesson Study Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas XI
IPA SMA Negeri 1 Janapria Tahun Ajaran 2019/2020â€.
Kata Kunci : Discovery Learning, Keterampilan Proses Sains