DETAIL DOCUMENT
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN MEMECAHKAN MASALAH SISWA KELAS X MA HIDAYATUT TAUHID ESOT LABUHAN HAJI TAHUN PELAJARAN 2017/2018
Total View This Week0
Institusion
Universitas Hamzanwadi
Author
WARDIYAH, WARDIYAH
Subject
Metode Pembelajaran 
Datestamp
2021-02-10 03:59:05 
Abstract :
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBL) Terhadap Kemampuan memecahkan masalah belajar siswa Kelas X MA Hidayatuttauhid Esot Labuhan Haji Tahun Ajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan Quasi Eksperimental Design. Populasi dalam penelitian ini siswa kelas X IPA semester I yang terdiri dari 2 kelas dengan jumlah siswa sebanyak 39 orang. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas X IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X IPA 2 sebagai kelas control. Instrumen dalam penelitian ini berupa tes kemampuan memecahkan masalah dalam bentuk tes essay yang berjumlah 5 butir soal. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh nilai rata-rata posttest kelas eksperimen yakni 73,6 dan kelas kontrol yakni 63,15. Sedangkan uji hipotesis menggunakan analisis statistik dengan rumus uji-t pada taraf kepercayaan 5% adalah diperoleh thitung sebesar 4,50. setelah dibandingkan dengan ttabel 1,480, maka thitung 4,50> ttabel 1,480, sehingga kesimpulan dalam penelitian ini adalah ada pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap kemampuan memecahkan masalah belajar siswa kelas X MA Hidayatuttauhid Esot Labuhan Haji Tahun Ajaran 2017/2018. Kata kunci: Berbasis masalah (PBL), Kemampuan memecahkan masalah 
Institution Info

Universitas Hamzanwadi