Abstract :
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis
Masalah (PBL) Terhadap Kemampuan memecahkan masalah belajar siswa Kelas X MA
Hidayatuttauhid Esot Labuhan Haji Tahun Ajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah
penelitian eksperimen dengan menggunakan Quasi Eksperimental Design. Populasi dalam
penelitian ini siswa kelas X IPA semester I yang terdiri dari 2 kelas dengan jumlah siswa
sebanyak 39 orang. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas X IPA 1 sebagai kelas eksperimen
dan kelas X IPA 2 sebagai kelas control. Instrumen dalam penelitian ini berupa tes kemampuan
memecahkan masalah dalam bentuk tes essay yang berjumlah 5 butir soal. Berdasarkan hasil
analisis data diperoleh nilai rata-rata posttest kelas eksperimen yakni 73,6 dan kelas kontrol
yakni 63,15. Sedangkan uji hipotesis menggunakan analisis statistik dengan rumus uji-t pada
taraf kepercayaan 5% adalah diperoleh thitung sebesar 4,50. setelah dibandingkan dengan ttabel
1,480, maka thitung 4,50> ttabel 1,480, sehingga kesimpulan dalam penelitian ini adalah ada
pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap kemampuan memecahkan masalah
belajar siswa kelas X MA Hidayatuttauhid Esot Labuhan Haji Tahun Ajaran 2017/2018.
Kata kunci: Berbasis masalah (PBL), Kemampuan memecahkan masalah