Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pendekatan konseling behavior
untuk mengurangi kecemasan menyampaikan pendapat dalam proses belajar
mengajar di kelas X IPS 1 SMAN 2 Selong Tahun Pelajaran 2019/2020. Jenis
penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen. Populasi penelitian ini adalah
beberapa siswa dari kelas X IPS 1 Tahun Pelajaran 2019/2020. Sampel penelitian
ini ditentukan dengan cara nonprobabylity sampling, teknik yang tidak memberi
peluang atau kesempatan yang sama bagi setiap unsur atau anggota populasi
untuk dipilih menjadi sampel. Desain penelitian yang digunakan adalah preexperimental.
teknik pengumpulan data menggunakan instrument angket
kecemasan dan observasi langsung. Data analisis data menggunakan statistic
deskriptif yang meliputi penentuan skor rata-rata atau mean (M) dan standar
deviasi (SD). Untuk keperluan menyusun tabel konveksi terlebih dahulu di cari
mean ideal (Mi) dan standar deviasi ideal (SDi). Hasil hipotesis menunjukkan
bahwa skor rata-rata sebelum di berikan treatmen adalah (66, 6) dan skor rata-rata
setelah di berikan treatmen adalah (37, 5) yang berarti Ha efektif dan Ho tidak
efektif, dapat disimpulkan bahwa konseling behavior efektif untuk mengurangi
kecemasan menyampakan pendapat dalam proses belajar sisw akelas X IPS 1
SMAN 2 Selong.
Kata Kunci: Pendekatan konseling behavior, kecemasan dalam menyampaikan
pendapat dalam proses belajarmengajar