Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas metode outdoor
study terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik kelas IV SDN 2
Sukamulia. Jenis penelitian ini adalah eksperimen, kuantitatif. Populasi dalam
penelitian ini adalah seluruh kelas IV dengan jumlah siswa 60 orang. Teknik
analisis data yang digunakan yaitu pilihan ganda. Hasil uji hipotesis data hasil
belajar siswa menggunakan rumus independent sample t test menunjukkan bahwa
nilai thitung sebesar 1,92 dan ttabel sebesar 1,696 (thitung> ttabel) maka H1 diterima. Hal
ini berarti terdapat perbedaan hasil belajar TEMATIK materi sumber energi pada
siswa kelas IV antara yang menerapkan metode outdoor study dan yang
menerapkan pembelajaran konvensional. Berdasarkan penghitungan tersebut,
maka dapat diketahui bahwa hasil belajar TEMATIK materi sumber energi siswa
kelas IV yang menerapkan metode outdoor study lebih baik dari pada yang
menerapkan pembelajaran konvensional. Jadi dapat disimpulkan bahwa, metode
outdoor study efektif terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran
TEMATIK materi sumber energi. Oleh karena itu diharapkan metode outdoor
study menjadi salah satu refensi guru dalam menciptakan pembelajaran
TEMATIK yang lebih baik.
Kata Kunci: Metode outdoor study, hasil belajar, pembelajaran tematik