Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar fisika melalui
penerapan model pembelajaran problem based learning (PBL). Jenis penelitian ini
adalah Penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Siklus
pertama dilaksanakan dengan dua kali pertemuan dan pada siklus II juga
dilaksanakan dengan dua kali pertemuan, sehingga jumlah pertemuan siklus I dan II
adalah 4 kali pertemuan. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu tahap perencanaan,
pelaksanaan, pengamatan dan tahap refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah
siswa Kelas X IPA 1 MA Mu’allimin NW Pancor Tahun Pelajaran 2019/2020 yang
terdiri dari 27 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes
dan observasi langsung. Analisis data menggunakan pendekatan kualitatif dengan
memanfaatkan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase
ketuntasan klasikal yang diperoleh siswa sebesar 48,63 % di siklus I dan 81,48% di
siklus II, dengan persentase kenaikan sebesar 33,33%. Sehingga dapat disimpulkan
bahwa penerapan PBL dapat meningkatkan hasil belajar Fisika siswa kelas X IPA 1
MA Mu’allimin NW Pancor tahun pelajaran 2019/2020.
Kata Kunci: Model Pembelajaran Problem Based Learning, dan Hasil Belajar.