DETAIL DOCUMENT
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA PADA MATERI VEKTOR DI MA MU’ALLIMIN NW PANCOR TAHUN PELAJARAN 2019/2020
Total View This Week0
Institusion
Universitas Hamzanwadi
Author
KESI, BAIQ
Subject
Metode Pembelajaran 
Datestamp
2021-02-10 08:16:23 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar fisika melalui penerapan model pembelajaran problem based learning (PBL). Jenis penelitian ini adalah Penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Siklus pertama dilaksanakan dengan dua kali pertemuan dan pada siklus II juga dilaksanakan dengan dua kali pertemuan, sehingga jumlah pertemuan siklus I dan II adalah 4 kali pertemuan. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan tahap refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa Kelas X IPA 1 MA Mu’allimin NW Pancor Tahun Pelajaran 2019/2020 yang terdiri dari 27 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes dan observasi langsung. Analisis data menggunakan pendekatan kualitatif dengan memanfaatkan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase ketuntasan klasikal yang diperoleh siswa sebesar 48,63 % di siklus I dan 81,48% di siklus II, dengan persentase kenaikan sebesar 33,33%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan PBL dapat meningkatkan hasil belajar Fisika siswa kelas X IPA 1 MA Mu’allimin NW Pancor tahun pelajaran 2019/2020. Kata Kunci: Model Pembelajaran Problem Based Learning, dan Hasil Belajar. 
Institution Info

Universitas Hamzanwadi