DETAIL DOCUMENT
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DITINJAU DARI BERPIKIR KRITIS PADA POKOK ELASTISITAS DAN SUSUNAN PEGAS SISWA KELAS XI MA MU’ALIMAT NW PANCOR TAHUN PEMBELAJARAN 2018/2019
Total View This Week0
Institusion
Universitas Hamzanwadi
Author
ALFIZAIR, LAELA
Subject
Metode Pembelajaran 
Datestamp
2021-02-10 08:32:23 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) pengaruh model pembelajaran problem based learning dan inkuiri terbimbing terhadap prestasi belajar fisika, 2) Pengaruh berpikir krits tinggi dan berpikir kritis rendah terhadap prestasi belajar fisika, 3) interaksi antara model problem based learning dan inkuiri terbimbing dengan berpikir kritis siswa terhadap prestasi belajar. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA MA Mualimat NW Pancor tahun pelajaran 2018/2019. Sampel penelitian ditentukan dengan teknik cluster random sampeling dengan kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen sedangkan kelas X IPA 3 sebagai kelas kontrol. Rancangan penelitian ini menggunakan faktorial 2x2. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan tes. Data dianalisi menggunakan anava dua jalan. Hasil penelitian menunjukkan, 1) ada pengaruh model pembelajaran problem based learning dan inkuiri terbimbing terhadap prestasi belajar fisika karena FAhitung>Ftabel, yaitu.75,778>3,99, yang berarti H0A ditolak, 2) ada pengaruh berpikir kritis tinggi dan berpikir kritis rendah terhadap prestasi belajar fisika siswa karena FBhitung>Ftabel yaitu 22,421>3,99, 3) tidak ada interaksi antara problem based learning dan inkuiri terbimbing dengan berpikir kritis siswa terhadap prestasi belajar fisika siswa karena FABhitung
Institution Info

Universitas Hamzanwadi