Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan analisis dan
kepekaan sosial siswa dengan menerapkan metode problem based learning
melalui lesson study pada materi penjumlahan vektor kelas X MA Mu’allimin
NW Pancor tahun pelajaran 2019/2020. Penelitian ini merupakan penelitian
tindakan (action research) melalui pola lesson study. Teknik pengumpulan data
yang digunakan adalah tes, observasi dan angket kepekaan sosial siswa. Analisis
data pada penelitian ini menggunakan statistik deskriptif dengan pendekatan
kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa
penerapan metode problem based learning melalui lesson study dapat
meningkatkan kemampuan analisis dan kepekaan sosial siswa pada materi
penjumlahan vektor kelas X MA Mu’allimin NW Pancor tahun pelajaran
2019/2020. Skor rata-rata kepekaan sosial siswa meningkat dari siklus I yaitu
78,14 berada pada kategori tinggi menjadi 80,22 pada siklus II berada pada
kategori tinggi. Dan kemampuan analisis siswa juga menunjukkan peningkatan,
yaitu pada siklus I memperoleh nilai rata-rata 74,04 dengan ketuntasan klasikal
74,07% menjadi nilai rata-rata 80,14 dengan ketuntasan klasikal 85,18% pada
siklus II. Hal ini menunjukkan bahwa ketuntasan klasikal pada siklus I belum
mencapai ≠80%, akan tetapi pada siklus II menunjukan bahwa ketuntasan
klasikal sudah tercapai yaitu > 80%. Artinya, penerapan metode problem based
learning melalui lesson study dapat meningkatan kemampuan analisis dan
kepekaan sosial siswa pada materi penjumlahan vektor kelas X MA Mu’allimin
NW Pancor tahun pelajaran 2019/2020. Kata kunci: metode problem based learning, lesson study, kemampuan analisis, dan kepekaan sosial.