Abstract :
Salman Al Farisi. 12230038. “Pengaruh Pendekatan Problem Based Learning
Dengan Metode Learning Start With A Question Terhadap Prestasi Belajar
Siswa MTs. Al-Majidiyah NW Majidi Tahun Pelajaran 2019/2020â€. Skripsi :
Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan MIPA,
Universitas Hamzanwadi. 2019.
Penelitian ini adalah jenis penelitian eksperimen yang bertujuan untuk
mengetahui pengaruh Pendekatan Problem Based Learning dengan metode
pembelajaran Learning Starts With A Question terhadap prestasi belajar siswa
MTs. Al-Majidiyah NW Majidi tahun pelajaran 2019/2020. Populasi penelitian ini
adalah seluruh siswa kelas VII MTs. Al-Majidiyah NW Majidi tahun pelajaran
2019/2020, sejumlah tiga kelas. Sampel penelitian ditentukan dengan teknik
Cluster Random Sampling dan didapat dua kelas yaitu kelas VII A sebagai kelas
eksperimen dan kelas VII C sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan
dalam pengumpulan data adalah tes prestasi. Teknik analisa data menggunakan uji
prasyarat analisis yaitu normalitas dan homogenitas, dan hipotesis dianalisis
dengan menggunakan uji t dan didapatkan nilai thitung sebesar 6,41 dan ttabel 1,99
pada taraf signifikansi 5%. Karena thitung > ttabel maka Ha diterima dan Ho
ditolak. Dari hasil analisis data dapat disimpulkan ada pengaruh pendekatan
Problem Based Learning dengan metode Learning Start With A Question terhadap
prestasi belajar fisika siswa MTs. Al-Majidiyah NW Majidi tahun pelajaran
2019/2020.
Kata kunci: Pendekatan Problem Based Learning, Metode Learning Start With
A Question, Prestasi Belajar Siswa