DETAIL DOCUMENT
PENGARUH PENDEKATAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN METODE LEARNING START WITH A QUESTION TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA MTS. AL-MAJIDIYAH NW MAJIDI TAHUN PELAJARAN 2019/2020
Total View This Week0
Institusion
Universitas Hamzanwadi
Author
AL FARISI, SALMAN
Subject
Metode Pembelajaran 
Datestamp
2021-02-11 06:22:50 
Abstract :
Salman Al Farisi. 12230038. “Pengaruh Pendekatan Problem Based Learning Dengan Metode Learning Start With A Question Terhadap Prestasi Belajar Siswa MTs. Al-Majidiyah NW Majidi Tahun Pelajaran 2019/2020”. Skripsi : Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan MIPA, Universitas Hamzanwadi. 2019. Penelitian ini adalah jenis penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh Pendekatan Problem Based Learning dengan metode pembelajaran Learning Starts With A Question terhadap prestasi belajar siswa MTs. Al-Majidiyah NW Majidi tahun pelajaran 2019/2020. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTs. Al-Majidiyah NW Majidi tahun pelajaran 2019/2020, sejumlah tiga kelas. Sampel penelitian ditentukan dengan teknik Cluster Random Sampling dan didapat dua kelas yaitu kelas VII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VII C sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data adalah tes prestasi. Teknik analisa data menggunakan uji prasyarat analisis yaitu normalitas dan homogenitas, dan hipotesis dianalisis dengan menggunakan uji t dan didapatkan nilai thitung sebesar 6,41 dan ttabel 1,99 pada taraf signifikansi 5%. Karena thitung > ttabel maka Ha diterima dan Ho ditolak. Dari hasil analisis data dapat disimpulkan ada pengaruh pendekatan Problem Based Learning dengan metode Learning Start With A Question terhadap prestasi belajar fisika siswa MTs. Al-Majidiyah NW Majidi tahun pelajaran 2019/2020. Kata kunci: Pendekatan Problem Based Learning, Metode Learning Start With A Question, Prestasi Belajar Siswa 
Institution Info

Universitas Hamzanwadi