Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkanproduk berupa media pembelajaran
yang layak digunakan dalam proses pembelajaran.Metode Penelitian yang
digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian dan pengembangan
(Reasearch and Development) dengan mengadopsi model pengembangan 4 D,
yang kemudian disederhanakan menjadi tiga tahap karena keterbatasan
pengembangan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 2 Selong yang
berjumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar instrument
validasi ahli dan angket respon siswa. Hasil penelitianini menunjukkan bahwa:
hasil validasi pertama oleh ahli desain diperolehskor 47 yang berada pada rentang
skor 39 < X ≤ 51, dengan kategori “Cukupâ€, hasil validasi ke dua oleh ahli
desain diperolehskor 57, yang terdapat pada rentang skor 51 < X 63, dengan
kategori “Baikâ€, hasil validasi ahli materi memperoleh skor 60, yang berada pada
rentang skor 51 < X 63, dengan kategori “Baikâ€, hasil uji coba lapangan
memperolehrata-rata skor 42,13 yang berada pada rentang X > 42,06 , dengan
kategori “Sangat Baikâ€. Hal ini menunjukkan bahwa media komik layak
digunakan sebagai media pembelajaran.
Kata Kunci: Komik, Reasearch and Developmen.