DETAIL DOCUMENT
PENGEMBANGAN KOMIK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) KELAS IV SDN 2 SELONG
Total View This Week0
Institusion
Universitas Hamzanwadi
Author
PAZRI, RODIATUL
Subject
Media Pembelajaran 
Datestamp
2021-02-11 06:33:24 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkanproduk berupa media pembelajaran yang layak digunakan dalam proses pembelajaran.Metode Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian dan pengembangan (Reasearch and Development) dengan mengadopsi model pengembangan 4 D, yang kemudian disederhanakan menjadi tiga tahap karena keterbatasan pengembangan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 2 Selong yang berjumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar instrument validasi ahli dan angket respon siswa. Hasil penelitianini menunjukkan bahwa: hasil validasi pertama oleh ahli desain diperolehskor 47 yang berada pada rentang skor 39 < X ≤ 51, dengan kategori “Cukup”, hasil validasi ke dua oleh ahli desain diperolehskor 57, yang terdapat pada rentang skor 51 < X 63, dengan kategori “Baik”, hasil validasi ahli materi memperoleh skor 60, yang berada pada rentang skor 51 < X 63, dengan kategori “Baik”, hasil uji coba lapangan memperolehrata-rata skor 42,13 yang berada pada rentang X > 42,06 , dengan kategori “Sangat Baik”. Hal ini menunjukkan bahwa media komik layak digunakan sebagai media pembelajaran. Kata Kunci: Komik, Reasearch and Developmen. 

File :
skripsi.pdf
Institution Info

Universitas Hamzanwadi