Abstract :
Penelitian ini menerapkan discovery learning melalui lesson study yang
bertujuan untuk meningkatkan kemampuan analisis dan kemampuan verbal siswa
pada pokok bahasan elastisitas dan hukum Hooke kelas XI di SMAN 1 Masbagik
tahun pelajaran 2019/2020. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan (action
reaserch) melalui pola lesson study. Teknik pengumpulan data yang digunakan
adalah tes dan lembar observasi. Analisis data pada penelitian ini menggunakan
statistika deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian,
maka dapat disimpulkan bahwa penerapan discovery learning melalui lesson
study dapat meningkatkan kemampuan analisis dan kemampuan verbal siswa pada
pokok bahasan elastisitas dan hukum Hooke kelas XI SMAN 1 Masbagik tahun
pelajaran 2019/2020. Nilai rata-rata kemampuan analisis siswa meningkat dari
siklus I yaitu 75,37± 7,71 dengan ketuntasan klasikal 70,37% menjadi
82,96± 11,71 dengan ketuntasan klasikal 81,48% pada siklus II. Hal ini
menunjukkan bahwa ketuntasan klasikal pada siklus I belum tercapai ≥ 80%,
akan tetapi pada siklus II menunjukan bahwa ketuntasan klasikal sudah tercapai
yaitu > 80%. Demikian halnya dengan kemampuan verbal juga menunjukkan
peningkatan, yaitu pada siklus I memperoleh skor rata-rata 71,06± 14,20 pada
kategori sedang menjadi 77,78± 12,54 pada siklus II dengan kategori tinggi.
Artinya, penerapan discovery learning melalui lesson study dapat meningkatan
kemampuan analisis dan kemampuan verbal siswa pada pokok bahasan elastisitas
dan hukum Hooke kelas XI SMAN 1 Masbagik.
Kata kunci: discovery learning, lesson study, kemampuan analisis, dan
kemampuan verbal.