DETAIL DOCUMENT
PENGARUH METODE CTL (Contextual Teaching Learning) TERHADAP HASIL BELAJAR IPS KELAS III SDN 8 JURIT TAHUN PEMBELAJARAN 2018/2019
Total View This Week0
Institusion
Universitas Hamzanwadi
Author
ULFA, ROMDANI
Subject
Metode Pembelajaran 
Datestamp
2021-02-11 06:50:12 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode CTL (Contekstual Teaching Learning) terhadap hasil belajar IPS Kelas III SDN 8 Jurit Tahun Pelajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini menggunakan eksperimen. Populasinya adalah semua siswa Kelas III SDN 8 Jurit Tahun Pembelajaran 2018/2019. Sampel penelitian ditentukan dengan tehnik Random Sampling dengan rancangan post-tes only control design. Kelas III sebagai obyek penelitian. Tehnik pengumpulan data menggunakan tes hasil belajar siswa. Data dianalisis menggunakan uji t-tes dan data yang digunakan adalah data hasil siswa. Hasil analisis menunjukkan bahwa t hitung sebesar 5,19 sementara t tabel sebesar 2,004 sehingga disimpulkan t hitung > t tabel , ini artinya hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (H a ) diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh positif dan signifikan dari metode CTL (Contextual Teaching Learning) terhadap hasil belajar IPS Kelas III SDN 8 Jurit Tahun Pelajaran 2018/2019 Kata kunci: Pembelajaran, CTL(Contekstual Teacing Learning), hasil belajar. 

File :
SKRIPSI.pdf
Institution Info

Universitas Hamzanwadi