Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode CTL
(Contekstual Teaching Learning) terhadap hasil belajar IPS Kelas III SDN 8
Jurit Tahun Pelajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini menggunakan eksperimen.
Populasinya adalah semua siswa Kelas III SDN 8 Jurit Tahun Pembelajaran
2018/2019. Sampel penelitian ditentukan dengan tehnik Random Sampling
dengan rancangan post-tes only control design. Kelas III sebagai obyek penelitian.
Tehnik pengumpulan data menggunakan tes hasil belajar siswa. Data dianalisis
menggunakan uji t-tes dan data yang digunakan adalah data hasil siswa. Hasil
analisis menunjukkan bahwa t hitung sebesar 5,19 sementara t tabel sebesar 2,004
sehingga disimpulkan t hitung > t tabel , ini artinya hipotesis nihil (Ho) ditolak dan
hipotesis alternatif (H a ) diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada
pengaruh positif dan signifikan dari metode CTL (Contextual Teaching Learning)
terhadap hasil belajar IPS Kelas III SDN 8 Jurit Tahun Pelajaran 2018/2019
Kata kunci: Pembelajaran, CTL(Contekstual Teacing Learning), hasil belajar.