Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh mmodel
pembelajaran Quantum Learning untuk meningkatkan hasil belajar
matematika siswa kelas II SDI Yaqin I Ujung Betok. Jenis penelitian ini
adalah Penellitian Tindakan Kelas (PTK). Desai penelitian ini adalah model
Skema Spirsal dan Hopskin. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa
kelas II SDI Yaqin I Ujung Betok. Teknik pengumpulan data menggunakan
dengan tes yang berbentuk uraian. Pada tahapan ini menggunakan dua siklus,
yaitu siklus I dan siklus II. Adapun hasil analisis terhadap lembar observasi
belajar guru dan siswa. hasilnya siperoleh rata-rata skor kegiatan guru berada
pada katagori baik, dan rata-rata skor aktivitas siswa beraada pada katagori
cukup aktif. Peneliti juga melakukan tes evaluasi pembelajaran untuk siklus I
yaitu ketuntasan klasikal 75%, 6 siswa yang tuntas dan 2 siswa yang tidak
tuntas sehingga diperoleh ketuntasan belajar klasikal belum mencapai target
minimal yang telah ditentukan. Dan pada hasil evaluasi siklus II ketuntasan
klasikalnya mencapai 87,5% sehingga diperoleh ketuntasan belajar klasikal
mencapai target yang sudah ditentukan yaitu minimal 80%Sehingga dapat
disimpulkan bahwa terdapat pengaruh signifikan model pembelajaran
Quantum Learning terhadap hasil belajar matematika siswa kelas II SDI
Yaqin I Ujung Betok.
Kata Kunci: Model pembelajaran Quantum Learning untuk meningkatkan hasil
belajar matematika.