Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran
Rotating Trio Exchange (RTE) terhadap prestasi belajar matematika siswa MTs
NW Ketangga Suela Tahun Ajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini menggunakan
metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII
MTs Nw Ketangga Suela tahun ajaran 2018/2019. Sampel penelitian ditentukan
dengan tekhnik simple random sampling. Kelas VII-B MTs Nw Ketangga Suela
sebagai kelas eksperimen, sedangkan kelas VII-A Nw Ketangga Suela sebagai
kelas kontrol. Rancangan desain penelitian yang digunakan yaitu Posstest-Only
Control design. Instrumen pengumpulan data menggunakan tes prestasi belajar.
Data dianalisis menggunakan uji t dua pihak. Hasil hipotesis menunjukkan bahwa
thitung ≥ ttabel yaitu (3,442 1,679) yang berarti H0 ditolak, dan Ha diterima,
sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari Model
Pembelajaran Rotating Trio Exchange (RTE) terhadap prestasi belajar siswa kelas
VII MTs Nw Ketangga Suela pada materi pokok bilangan bulat.
Kata Kunci: Model Pembelajaran Rotating Trio Exchange (RTE), dan Prestasi
Belajar.