DETAIL DOCUMENT
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ROTATING TRIO EXCHANGE (RTE) TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK BILANGAN BULAT KELAS VII MTS NW KETANGGA SUELA TAHUN AJARAN 2018/2019
Total View This Week0
Institusion
Universitas Hamzanwadi
Author
FITRIANA, AIDA
Subject
Metode Pembelajaran 
Datestamp
2021-02-11 07:52:21 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Rotating Trio Exchange (RTE) terhadap prestasi belajar matematika siswa MTs NW Ketangga Suela Tahun Ajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTs Nw Ketangga Suela tahun ajaran 2018/2019. Sampel penelitian ditentukan dengan tekhnik simple random sampling. Kelas VII-B MTs Nw Ketangga Suela sebagai kelas eksperimen, sedangkan kelas VII-A Nw Ketangga Suela sebagai kelas kontrol. Rancangan desain penelitian yang digunakan yaitu Posstest-Only Control design. Instrumen pengumpulan data menggunakan tes prestasi belajar. Data dianalisis menggunakan uji t dua pihak. Hasil hipotesis menunjukkan bahwa thitung ≥ ttabel yaitu (3,442 1,679) yang berarti H0 ditolak, dan Ha diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari Model Pembelajaran Rotating Trio Exchange (RTE) terhadap prestasi belajar siswa kelas VII MTs Nw Ketangga Suela pada materi pokok bilangan bulat. Kata Kunci: Model Pembelajaran Rotating Trio Exchange (RTE), dan Prestasi Belajar. 
Institution Info

Universitas Hamzanwadi