DETAIL DOCUMENT
PENGARUH METODE MIND MAPPING TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII MTs. NW KORLEKO TAHUN PELAJARAN 2018/2019
Total View This Week0
Institusion
Universitas Hamzanwadi
Author
ALPIANAH, ALPIANAH
Subject
Metode Pembelajaran 
Datestamp
2021-02-11 08:04:23 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode mind mapping terhadap motivasi dan hasil belajar matematika siswa pada pokok bahasan bilangan bulat kelas VII MTs NW Korleko tahun pelajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini menggunakan Eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTs. NW Korleko tahun pelajaran 2018/2019. Sampel penelitian ditentukan dengan tekhnik Random Sampling, kelas VII C sebagai kelas eksperimen sedangkan kelas VII D sebagai kelas control. Rancangan penelitian yang digunakan adalah posttest only control design. Tekhnik pengumpulan data menggunakan angket motivasi dan tes hasil belajar. Data dianalisis menggunakan uji t-test polled varians. Hasil hipotesis menunjukkan bahwa thitung > ttabel yaitu (6,4152 > 1,6794) yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa “Ada pengaruh metode mind mapping terhadap motivasi belajar matematika siswa pada pokok bahasan bilangan bulat kelas VII MTs NW Korleko”. Hasil hipotesis kedua menunjukkan bahwa thitung > ttabel yaitu (3,8141 > 1,6794) yang berarti Ho ditolak dan Ha sehingga dapat disimpulkan bahwa “Ada pengaruh metode mind mapping terhadap hasil belajar matematika siswa pada pokok bahasan bilangan bulat kelas VII MTs NW Korleko”. Kata kunci: Metode Mind mapping, Motivasi dan Hasil belajar Matematika Siswa. 
Institution Info

Universitas Hamzanwadi