Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode mind mapping
terhadap motivasi dan hasil belajar matematika siswa pada pokok bahasan
bilangan bulat kelas VII MTs NW Korleko tahun pelajaran 2018/2019. Jenis
penelitian ini menggunakan Eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh
siswa kelas VII MTs. NW Korleko tahun pelajaran 2018/2019. Sampel penelitian
ditentukan dengan tekhnik Random Sampling, kelas VII C sebagai kelas
eksperimen sedangkan kelas VII D sebagai kelas control. Rancangan penelitian
yang digunakan adalah posttest only control design. Tekhnik pengumpulan data
menggunakan angket motivasi dan tes hasil belajar. Data dianalisis menggunakan
uji t-test polled varians. Hasil hipotesis menunjukkan bahwa thitung > ttabel yaitu
(6,4152 > 1,6794) yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga dapat
disimpulkan bahwa “Ada pengaruh metode mind mapping terhadap motivasi
belajar matematika siswa pada pokok bahasan bilangan bulat kelas VII MTs NW
Korlekoâ€. Hasil hipotesis kedua menunjukkan bahwa thitung > ttabel yaitu (3,8141 >
1,6794) yang berarti Ho ditolak dan Ha sehingga dapat disimpulkan bahwa “Ada
pengaruh metode mind mapping terhadap hasil belajar matematika siswa pada
pokok bahasan bilangan bulat kelas VII MTs NW Korlekoâ€.
Kata kunci: Metode Mind mapping, Motivasi dan Hasil belajar Matematika
Siswa.