Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran inkuiri
terhadap prestasi dan Self Efficacy belajar matematika siswa kelas VII C MTs
Mu’allimin NW Pancor. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan
desain Posttest Only Design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII
sedangkan Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VII C dan kelas VII D.
Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling.
Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan angket. Hasil pengujian hipotesis
I dengan uji-T menunjukkan bahwa terdapat perbedaan keefektifan pembelajaran
antara model pembelajaran Inkuiri dan model pembelajaran konvensional ditinjau
dari Prestasi dan Self Efficacy siswa. Hasil pengujian hipotesis I untuk Prestas
menunjukkan bahwa thitung ≥ ttabel yaitu 2,126 ≥ 1,671 yang berarti bahwa berada
pada daerah penerimaan Ha. Sedangkan hasil pengujian hipotesis II untuk Self
Efficacy menunjukkan bahwa thitung ≥ ttabel yaitu 2,010 ≥ 1,671 yang berarti bahwa
berada pada daerah penerimaan Ha, sehingga dapat disimpulkan bahwa
pembelajaran matematika dengan model pembelajaran Inkuiri lebih efektif untuk
meningkatkan Prestasi dan Self Efficacy Belajar siswa.
Kata kunci: Pembelajaran Inkuiri, Self Efficacy , Prestasi Belajar.