DETAIL DOCUMENT
PENGARUH PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP PRESTASI DAN SELF EFFICACY BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII C MTs MU’ALLIMIN NW PANCOR TAHUN PELAJARAN 2018/2019
Total View This Week0
Institusion
Universitas Hamzanwadi
Author
ROSADA, AMRINA
Subject
Metode Pembelajaran 
Datestamp
2021-02-11 08:16:20 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran inkuiri terhadap prestasi dan Self Efficacy belajar matematika siswa kelas VII C MTs Mu’allimin NW Pancor. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan desain Posttest Only Design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII sedangkan Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VII C dan kelas VII D. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan angket. Hasil pengujian hipotesis I dengan uji-T menunjukkan bahwa terdapat perbedaan keefektifan pembelajaran antara model pembelajaran Inkuiri dan model pembelajaran konvensional ditinjau dari Prestasi dan Self Efficacy siswa. Hasil pengujian hipotesis I untuk Prestas menunjukkan bahwa thitung ≥ ttabel yaitu 2,126 ≥ 1,671 yang berarti bahwa berada pada daerah penerimaan Ha. Sedangkan hasil pengujian hipotesis II untuk Self Efficacy menunjukkan bahwa thitung ≥ ttabel yaitu 2,010 ≥ 1,671 yang berarti bahwa berada pada daerah penerimaan Ha, sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran matematika dengan model pembelajaran Inkuiri lebih efektif untuk meningkatkan Prestasi dan Self Efficacy Belajar siswa. Kata kunci: Pembelajaran Inkuiri, Self Efficacy , Prestasi Belajar. 
Institution Info

Universitas Hamzanwadi