Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran
Student Team Achievement Division (STAD) terhadap prestasi dan motivasi siswa
Kelas XI MA NW NW Mengkuru Tahun pembelajaran 2018/2019. Penelitian ini
adalah penelitian eksperimen dengan populasi seluruh siswa kelas XI MA NW
Mengkuru tahun pelajaran 2018/2019 yang terdiri dari 33 orang. Teknik
sampeling yang digunakan simpel random sampling. Desain penelitian yang
digunakan adalah “True Eksperimental Design“ dengan jenis “posttest only
control designâ€. Data hasil belajar matematika siswa diambil dengan
menggunakan instrumen berupa tes hasil belajar yang diberikan di akhir penelitian
sebagai postest. Dan data yang dianalisis yaitu nilai postest dengan menggunakan
rumus t – test polled.
Hasil deskripsi data menunjukkan bahwa nilai postest rata-rata yang
diperoleh tergolong tinggi yaitu 70,39 dan di lihat dari hasil uji hipotesis
menunjukkan thitung = 2,180 > ttabel = 1,999. Hasil ini menunjukkan bahwa Ha
diterima yaitu adanya pengaruh model pembelajaran Student Team Achievement
Division (STAD) terhadap prestasi dan motivasi siswa Kelas XI MA NW
Mengkuru Tahun Pelajaran 2018/2019.
Kata Kunci: model pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD),
prestasi dan motivasi siswa