DETAIL DOCUMENT
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GENIUS LEARNING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA MA HAMZANWADI NW PANCOR KELAS XI TAHUN 2019/2020
Total View This Week0
Institusion
Universitas Hamzanwadi
Author
HIDAYAH, BIDAYATUL
Subject
Metode Pembelajaran 
Datestamp
2021-02-13 01:36:36 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model genius learning terhadap pemahaman konsep dan komunikasi matematis materi program linier pada siswa kelas XI MA Hamzanwadi NW Pancor tahun pelajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen dengan desain penelitian non-equivalent pretes-posttest control group design. Populasi dan sampel penelitian ini menggunakan seluruh siswa kelsa XI di MA Hamzanwadi NW Pancor ditentukan dengan menggunakan teknik sampeling jenuh. Kelas XI-1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI-2 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan tes uraian untuk mengukur pemahaman konsep dan komunikasi matematis, serta angket komunikasi matematis. Data dianalisis menggunakan uji t-tes. Hasil analisis uji hipotesis untuk mengukur pemahaman konsep menunjukkan bahwa yaitu , dan komunikasi matematis yaitu yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan model pembelajaran genius learning terhadap pemahaman konsep dan ada pengaruh yang positif dan signifikan terhadap komunikasi matematis siswa MA Hamzanwadi NW Pancor Kelas XI materi program linier tahun pelajaran 2019/2020. Kata Kunci: Genius Learning, Pemahaman Konsep, dan Komunikasi Matematis 
Institution Info

Universitas Hamzanwadi