Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model
genius learning terhadap pemahaman konsep dan komunikasi matematis materi
program linier pada siswa kelas XI MA Hamzanwadi NW Pancor tahun pelajaran
2019/2020. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen dengan desain
penelitian non-equivalent pretes-posttest control group design. Populasi dan
sampel penelitian ini menggunakan seluruh siswa kelsa XI di MA Hamzanwadi
NW Pancor ditentukan dengan menggunakan teknik sampeling jenuh. Kelas XI-1
sebagai kelas eksperimen dan kelas XI-2 sebagai kelas kontrol. Teknik
pengumpulan data menggunakan tes uraian untuk mengukur pemahaman konsep
dan komunikasi matematis, serta angket komunikasi matematis. Data dianalisis
menggunakan uji t-tes. Hasil analisis uji hipotesis untuk mengukur pemahaman
konsep menunjukkan bahwa yaitu , dan komunikasi
matematis yaitu yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga
dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan model
pembelajaran genius learning terhadap pemahaman konsep dan ada pengaruh
yang positif dan signifikan terhadap komunikasi matematis siswa MA
Hamzanwadi NW Pancor Kelas XI materi program linier tahun pelajaran
2019/2020.
Kata Kunci: Genius Learning, Pemahaman Konsep, dan Komunikasi Matematis